Sabtu, 01 Desember 2012

Siapa unggul, Sampoerna atau Bentoel?


Sistem Informasi SDM


Sampoerna
Bentoel

Sampoerna menjadi salah satu perusahaan rokok yang sudah lama berdiri dan teguh menjalankan program tata kelola perusahaan yang kuat dan ditujukan untuk melindungi seluruh pemangku kepentingan Sampoerna dengan baik dan efektif. Komitmen tersebut diwujudkan dengan menumbuhkan dan menjaga standar kepatuhan, perilaku bertanggung jawab dan integritas yang tertinggi di seluruh lapisan organisasi Sampoerna. Sampoerna menetapkan standar kepatuhan dan integritas yang sangat tinggi dalam menjalankan usaha. Aturan berperilaku (code of conduct) yang diterapkan pada seluruh afiliasi PMI, termasuk Sampoerna, dikomunikasikan kepada karyawan Sampoerna pada seluruh tingkatan organisasi. Program pelatihan diadakan secara berkala dan partisipasi karyawan dimonitor dengan ketat. termasuk didalamnya tata kelola informasi sumber daya manusia yang memiliki sistem yang memiliki standar dengan baik jika dilihat dari tata kelola perusahaan secara keseluruhan. ini dapat dibuktikan lewat situs resmi Sampoerna (www.sampoerna.com) yang menjelaskan bahwa mereka sangat menilai pentingnya peran seluruh karyawan dalam menentukan keberhasilan perusahaan, anggota manajemen kami meluangkan waktu secara berkala untuk bertemu dan berbicara dengan para karyawan di seluruh tingkatan, untuk memberikan mereka informasi mengenai perkembangan-perkembangan penting, serta untuk memastikan bahwa suara mereka didengar dalam membuat setiap keputusan bisnis penting.
Sampoerna berniat untuk menjadi perusahaan yang diminati oleh para pencari kerja, sehingga kami dapat tumbuh bersama para profesional terbaik di negeri ini. Oleh sebab itulah Sampoerna berusaha untuk merekrut orang-orang yang terbaik dalam bidangnya, tanpa memandang ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, usia,  orientasi seksual, kecacatan, status kewarganegaraan, status pernikahan atau status lain yang dilindungi secara hukum.
Sistem informasi sumber daya manusia sangat berkaitan dengan Standar Perilaku Bisnis mengekspresikan standar integritas bisnis yang tinggi yang dibutuhkan dari semua karyawan di seluruh dunia. Perilaku kita ini didasarkan pada keyakinan kita dan nilai-nilai serta komitmen kita terhadap kejujuran, integritas dan transparansi dengan menerapkan prinsip-prinsip dari Standar Perilaku Bisnis ini pada situasi tertentu yang muncul dalam kegiatan bisnis kita sehari-hari.
Kepatuhan terhadap hukum adalah penting, tetapi tidak cukup dengan kepatuhan saja. Standar ini dimaksudkan untuk mendukung kita semua dalam memastikan, bahwa tidak hanya perilaku yang sesuai hukum, tetapi juga harus sejalan dengan standar yang diharapkan. Hal ini dilakukan dengan membuat peraturan-peraturan yang jelas yang mengatur perilaku bisnis dan menyediakan panduan yang membantu Bentoel untuk membuat penilaian dan keputusan yang tepat dalam pekerjaan. Standar Perilaku Bisnis ini berlaku untuk seluruh karyawan dan Grup Perusahaan, tanpa kecuali. Semua karyawan di British American Tobacco bertanggung jawab untuk menegakkan Standar ini. Kegagalan mematuhi Standar ini dapat dikenakan tindakan disipliner, yang dapat berdampak pada pemutusan hubungan kerja.  Penjelasan ini menggambarkan system informasi sumber daya manusia di Bentoel sangat dijalankan dengan tingkat standarisasi yang kuat, dan tentunya mencakup secara keseluruhan aspek sumber daya manusia.


























































Kesimpulan:
Dari perbandingan kedua perusahaan rokok besar di Indonesia ini, sebenarnya cukup berimbang dari segi sistem informasi sumber daya manusia. Tetapi, Sampoerna lebih memiliki nilai positif satu tingkat diatas Bentoel. Hal ini dapat dilihat dari komitmen pencapaian pelaksanaan sistem SDM di Sampoerna sendiri dengan klasifikasi yang mumpuni mencakup bagian-bagian yang tidak dimiliki Bentoel, yaitu keputusan bisni yang dibuat Sampoerna sangat dipengaruhi juga oleh aspek SDM, dan hal ini tidak menjadi pertimbangan Bentoel.

1 komentar:

  1. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    BalasHapus