Rabu, 17 Oktober 2012

Profil Perusahaan PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk.



Perusahaan ini dirintis oleh suami istii Paulus Tumewu di Ujung Pandang.Maka pada tahun 1978 didiiikanlah outlet peiintis "Ramayana Fashion Store" di Jl. H.Agus Salim, Jakarta Pusat yang dikenal dengan " R 1 ". Dari sinilah bisnis eceran Ramayana dan Robinson Group menggurita semakin aktif mendekati konsumen.
Sejak bisnis dimulai pada tahun 1978, Ramayana bergerak lambat tapi tumbuh dengan mantap. Meskipun krisis nampaknya belum berakhir, namun pertumbuhan bisnis yang cepat dapat melewati masa pra krisis lebih cepat dibandingkan kompetitor terdekat dan dianugerahi penghargaan sebagai hasilnya.
Walaupun Indonesia mengalami ketidakpastian ekonomi dan politik, Ramayana tetap konsisten untuk melebihi target penjualan, memperluas wawasan dan melanjutkan kebijakan yang sukses diterapkan sejak krisis 1997- 1998 yang berdampak besar terhadap industri retail.
 Melalui tahun-tahun yang penuh perubahan dan ketidakpastian, Ramayana tidak pernah melupakan siapa konsumen sebenarnya. Ramayana tetap pada komitmen untuk melayani sektor bawah, menyediakan barang-barang berharga rendah tanpa merendahkan mutu atau kualitas.
Di jakarta, Ramayana melatyutkan untuk membangun kembali toko-toko yang rusak atau hancur selama terjadi kerusuhan. Fakta yang membanggakan adalah bahwa dalam waktu 18 bulan Ramayana sanggup membangun kembali 10 dari 12 toko yang hancur. Selebihnya dalam tahap renovasi dan telah dibuka kembali pada pertengahan 2001.
Sementara pertumbuhan ekonomi di jawa berjalan lambat, Ramayana mulai mengalihkan perhatian keluar pulau jawa yang dapat menjadi daerah potensial untuk ekspansi. Ramayana merencanakan untuk meningkatkan jumlah toko sekitar 10 toko pertahun secara nasional pada tahun-tahun mendatang dengan perkiraan 50 % berlokasi diluar pulau jawa.
Meskipun ekonomi Indonesia memperlihatkan pertumbuhan selama tahun 2000, namun pemulihan ekonomi secara keseluruhan masih jauh yang diharapkan. Stagnasi ekonomi yang berkelanjutan dibarengi dengan peningkatan ketidakpastian iklim politik yang menghambat investasi asing dan bantuan, menurunkan daya beli konsumen, sebagai akibatnya pada tahun 2000 konsumen kelas menengah dan bawah mencari cara meningkatkan nilai uangnya dengan berbelanja pada Ramayana seperti yang mereka lakukan sepanjang masa krisis. Hingga tahun 2001, Ramayana telah memiliki 80 toko di 10 propinsi. Selain terjadinya peningkatan ekonomi perusahaan, Ramayana juga sukses untuk meningkatkan secara maksimal pengembalian investasi terhadap pemegang saham. Hal tersebut tercapai berkat penekanan biaya operasional pada level minimum. Pada tahun 2000, Ramayana mampu mencapai 42,9 % melebihi penjualan tahun 1999 dan menekan biaya operasional pada 15,8 %. Peningkatan penjualan tahun 2000, didukung terjadinya peristiwa yang langkah yaitu tahun baru muslim, Idul fitri, fiburan yang terjadi dua kali pada tahun yang sama. Perencanaan yang layak dan pengcndalian mendukung untuk menjaga kestabilan
harga rendah dan menjaga barang dagangan dapat dijangkau pada konsumen utama. Meskipun kompetisi tenis meningkat selama tahun 2000, strategi perusahaan yang menawarkan barang dagangan bernilai murah dan dapat dijangkau mendukung dominasi Ramayana atas kelas menengah dan bawah. Dilain pihak, banyak pesaing lokal yang masih berjuang melawan efek resesi ekonomi sedangkan pesaing asing memfokuskan diri pada konsumen menengah atas.
PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk, dipilih sebagai perusahaan dengan manajemen terbaik kedua dikawasan Asia pasifik pada majalah Asia money edisi desember 2000. Didalam negeri, PT.Ramayana Lestari Sentosa,Tbk mendapatkan kehormatan dinilai sebagai:
- Perusahaan dengan manajemen terbaik
- Hubungan dengan investor terbaik.
- Manajemen keuangan terbaik.
- Peramalan bisnis yang sangat terpercaya.
- Strategi perusahaan terbaik kedua di Indonesia.
Hal ini tewujud dengan adanya kerja sama team manajemen, pemegang saham dan karyawan. Pada saat memasuki millenium baru, Ramayana telah mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan jauh kedepan. Ramayana memainkan peran sosial yang penting dalam masyarakat. Pada berbagai tempat, kehadiran Ramayana membantu meningkatkan ekonomi lokal dengan menyediakan bantuan bagi supplier-suplier kecil dan supplier-supplier buah maupun sayuran
Ramayana mempunyai 3 prinsip yaitu : 
  1. Kita selalu menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. 
  2. Kita selalu mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dan membina hubungan baik dengan mitra usaha. 
  3. Kita bersama-sama meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga Ramayana dapat berpartisipasi dalam pembangunan negara kita dan menciptakan kesejahteraan seluruh karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar