Perusahaan
ini dirintis oleh suami istii Paulus Tumewu di Ujung Pandang.Maka pada tahun
1978 didiiikanlah outlet peiintis "Ramayana Fashion Store" di Jl.
H.Agus Salim, Jakarta Pusat yang dikenal dengan " R 1 ". Dari sinilah
bisnis eceran Ramayana dan Robinson Group menggurita semakin aktif mendekati
konsumen.
Sejak
bisnis dimulai pada tahun 1978, Ramayana bergerak lambat tapi tumbuh dengan
mantap. Meskipun krisis nampaknya belum berakhir, namun pertumbuhan bisnis yang
cepat dapat melewati masa pra krisis lebih cepat dibandingkan kompetitor
terdekat dan dianugerahi penghargaan sebagai hasilnya.
Walaupun
Indonesia mengalami ketidakpastian ekonomi dan politik, Ramayana tetap
konsisten untuk melebihi target penjualan, memperluas wawasan dan melanjutkan
kebijakan yang sukses diterapkan sejak krisis 1997- 1998 yang berdampak besar
terhadap industri retail.
Melalui tahun-tahun yang penuh perubahan dan
ketidakpastian, Ramayana tidak pernah melupakan siapa konsumen sebenarnya.
Ramayana tetap pada komitmen untuk melayani sektor bawah, menyediakan
barang-barang berharga rendah tanpa merendahkan mutu atau kualitas.
Di jakarta,
Ramayana melatyutkan untuk membangun kembali toko-toko yang rusak atau hancur
selama terjadi kerusuhan. Fakta yang membanggakan adalah bahwa dalam waktu 18
bulan Ramayana sanggup membangun kembali 10 dari 12 toko yang hancur.
Selebihnya dalam tahap renovasi dan telah dibuka kembali pada pertengahan 2001.
Sementara
pertumbuhan ekonomi di jawa berjalan lambat, Ramayana mulai mengalihkan
perhatian keluar pulau jawa yang dapat menjadi daerah potensial untuk ekspansi.
Ramayana merencanakan untuk meningkatkan jumlah toko sekitar 10 toko pertahun
secara nasional pada tahun-tahun mendatang dengan perkiraan 50 % berlokasi
diluar pulau jawa.
Meskipun
ekonomi Indonesia memperlihatkan pertumbuhan selama tahun 2000, namun pemulihan
ekonomi secara keseluruhan masih jauh yang diharapkan. Stagnasi ekonomi yang
berkelanjutan dibarengi dengan peningkatan ketidakpastian iklim politik yang
menghambat investasi asing dan bantuan, menurunkan daya beli konsumen, sebagai
akibatnya pada tahun 2000 konsumen kelas menengah dan bawah mencari cara meningkatkan
nilai uangnya dengan berbelanja pada Ramayana seperti yang mereka lakukan
sepanjang masa krisis. Hingga tahun 2001, Ramayana telah memiliki 80 toko di 10
propinsi. Selain terjadinya peningkatan ekonomi perusahaan, Ramayana juga
sukses untuk meningkatkan secara maksimal pengembalian investasi terhadap pemegang
saham. Hal tersebut tercapai berkat penekanan biaya operasional pada level
minimum. Pada tahun 2000, Ramayana mampu mencapai 42,9 % melebihi penjualan
tahun 1999 dan menekan biaya operasional pada 15,8 %. Peningkatan penjualan
tahun 2000, didukung terjadinya peristiwa yang langkah yaitu tahun baru muslim,
Idul fitri, fiburan yang terjadi dua kali pada tahun yang sama. Perencanaan
yang layak dan pengcndalian mendukung untuk menjaga kestabilan
harga rendah dan menjaga barang dagangan
dapat dijangkau pada konsumen utama. Meskipun kompetisi tenis meningkat selama
tahun 2000, strategi perusahaan yang menawarkan barang dagangan bernilai murah
dan dapat dijangkau mendukung dominasi Ramayana atas kelas menengah dan bawah. Dilain
pihak, banyak pesaing lokal yang masih berjuang melawan efek resesi ekonomi
sedangkan pesaing asing memfokuskan diri pada konsumen menengah atas.
PT. Ramayana
Lestari Sentosa Tbk, dipilih sebagai perusahaan dengan manajemen terbaik kedua
dikawasan Asia pasifik pada majalah Asia money edisi desember 2000. Didalam
negeri, PT.Ramayana Lestari Sentosa,Tbk mendapatkan kehormatan dinilai sebagai:
- Perusahaan dengan manajemen terbaik
- Hubungan dengan investor terbaik.
- Manajemen keuangan terbaik.
- Peramalan bisnis yang sangat terpercaya.
- Strategi perusahaan terbaik kedua di
Indonesia.
Hal ini
tewujud dengan adanya kerja sama team manajemen, pemegang saham dan karyawan.
Pada saat memasuki millenium baru, Ramayana telah mempersiapkan diri untuk
menghadapi tantangan jauh kedepan. Ramayana memainkan peran sosial yang penting
dalam masyarakat. Pada berbagai tempat, kehadiran Ramayana membantu
meningkatkan ekonomi lokal dengan menyediakan bantuan bagi supplier-suplier kecil
dan supplier-supplier buah maupun sayuran
Ramayana
mempunyai 3 prinsip yaitu :
- Kita selalu menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.
- Kita selalu mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dan membina hubungan baik dengan mitra usaha.
- Kita bersama-sama meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga Ramayana dapat berpartisipasi dalam pembangunan negara kita dan menciptakan kesejahteraan seluruh karyawan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar