Jumat, 19 Oktober 2012

Classic Duel: Matahari vs Ramayana

Rasio Likuiditas


ANALISIS RASIO LIKUIDITAS: analisis rasio likuiditas secara umum menunjukkan seberapa likuid aset-aset bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kewajiban perusahaan. Secara keseluruhan kinerja (jangka panjang) & kondisi (jangka pendek) Ramayana lebih baik daripada Matahari, karena rasio likuiditas Ramayana nilainya lebih tinggi, baik itu dilihat secara kinerja atau kondisinya. Matahari hanya unggul di nilai absolut modal kerja. Sedangkan dalam rasio lancar, rasio cepat, dan rasio kas Ramayana lebih baik dalam besarannya dan dalam peningkatannya. Maka dapat diambil kesimpulan dalam hal likuiditas Ramayana lebih unggul daripada Matahari, atau dengan kata lain Ramayana lebih mampu mengubah aset-aset yang dimilikinya ke dalam bentuk yg lebih likuid untuk memenuhi kewajiban perusahaan.


Rasio Aktivitas

ANALISIS RASIO AKTIVITAS : analisis rasio ini menunjukkan sejauh mana aktivitas perusahaan dikatakan tepat dan efektif. Dalam ratio aktivitas ini, Ramayana lebih mendominasi keunggulan, dapat dilihat dari perputaran piutang usahanya lebih lancar dan perputaran aktiva lancar dan total aktiva Matahari lebih lancar. Selain itu jumlah hari yg diperlukan untuk menagih piutang Ramayana relatif lebih sedikit (piutang lebih cepat dilunasi). Matahari hanya unggul di perputaran persediaan yang lebih lancar daripada Ramayana serta jumlah hari penjualan dalam persediaan yang lebih cepat daripada Ramayana.  Secara meyeluruh, aktivitas Ramayana lebih baik kinerja jangka panjangya, serta kondisinya di masa sekarang.

Rasio Solvabilitas

ANALISIS RASIO SOLVABILITAS: analisis rasio ini secara umum menunjukan hubungan antara modal dan kewajiban perusahaan serta bagaimana memanfaatkan dan mengatur kedua bagian tsb dalam pengaruhnya kepada jalannya operasi perusahaan. Misalnya apakah pembiayaan dana dengan utang sering digunakan. pada rasio solvabilitas ini, Ramayana tetap mendominasi keunggulan. hal ini ditunjukkan dengan rasio aktiva terhadap kewajiban jangka panjang, rasio kewajiban terhadap ekuitas pemegang saham, serta rasio utang yang lebih baik daripada Matahari. Matahari sendiri hanya unggul dalam rasio ekuitas yang menunjukkan bahwa ekuitas Matahari lebih besar daripada Ramayana. kesimpulannya, secara rasio solvabilitas Ramayana lebih baik daripada Matahari karena Ramayana dapat melakukan manajemen utang dengan lebih baik.

Rasio Profitabilitas



ANALISIS RASIO PROFITABILITAS: Analisis ini mencoba melihat seberapa besar kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Menurut analisis ini, Ramayana masih mendominasi keunggulan. Ramayana terlihat sangat pandai dalam mendayagunakan aset dan ekuitasnya untuk menghasilkan laba yang maksimal bagi perusahaan. investor tentunya akan lebih tertarik untuk berinvestasi pada Ramayana karena Ramayana telah terbukti mampu menghasilkan tingkat laba yang tinggi tiap tahunnya. hal ini ditunjukkan dalam penghitungan rasio profitabilitas di atas.

Harga Pasar


ANALISIS RASIO HARGA PASAR / PERTUMBUHAN: Dilihat dari analisis ini, Ramayana juga mendominasi keunggulan. Ramayana menghasilkan laba per lembar saham mencapai Rp 600,- sehingga dividen per lembar saham biasa yang diterima pun besar. Harga pasar per lembar saham Ramayana pun selalu lebih tinggi daripada nilai buku per lembar sahamnya. hal ini menjadi perimbangan tersendiri bagi para investor mengingat mereka tidak menanamkan modalnya tanpa tujuan tertentu yang ingin dicapai. dividen adalah salah satu faktor yang ingin dicari calon investor. melihat kondisi ini, sangatlah cocok apabila para investor lebih menjatuhkan pilihan pada Ramayana karena dapat menghasilkan pengambalian modal yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar